Rabu, 15 Maret 2017

Spion dalam Kehidupan


Saat mengendarai kendaraan bermotor, seorang sopir pasti membutuhkan benda yang sebetulnya kecil, tapi perannya cukup vital. Meskipun tanpa benda itu kendaraan tetap bisa berjalan,tapi rasanya ada yang kurang pas dan bisa menjadi kendala dalam perjalanannya saat benda itu tiada. Benda yang saya maksud yaitu spion. 

Spion bisa membantu seorang sopir untuk memantau kondisi jalan di belakang kendaraannya, membanu sopir ketika akan menyalip kendaraan lainnya, bahkan bisa memberi informasi ketika di belakang tiba-tiba ada orang jahat mengejar kendaraan yang kita kendarai.

Sahabat semua, demikian besar manfaat spion dalam kendaraan kita. Demikian juga dalam kehidupan ini. Kita butuh "spion". Spion dalam kehidupan ini adalah "kaca" atau memori yang bisa melihat dan mengingat-ingat perilaku-perilaku dan kejadian-kejadian di masa lalu yang kita alami dan rasakan. Tentu saja ada pengalaman yang sangat berkesan, membahagiakan, membuat hidup terasa lebih hidup dan rasanya tidak mau meninggalkan aktifitas itu. namun, kadang ada juga pengalaman yang pahit, menyedihkan, dan menjadikan dunia ini terasa sangat sempit.

"Spion" dalam kehidupan kita berfungsi untuk memacu dan melesatkan kehidupan kita di masa yang akan datang. Selain itu juga berfungsi sebagai penyelamat di kehidupan mendatang. Dalam bahasa agama, "spion" dalam kehidupan kita berfungsi sebagai alat muhasabah diri. Adanya kesalahan masa lalu, jangan lantas menjadikan diri ini terpuruk selamanya dan tidak berani melangkah ke depan. Demikian juga, kejayaan-kejayaan masa lalu janagan sampai menjadikan diri ini sombong dan terlena sehingga rugi di masa yag akan datang.

Adanya "spion" ini harus menjadi sarana bagi kita untuk menengok masa lalu, melihat ke belakang sebagai evaluasi dan perbaikan yang akan datang. Bukan sebaliknya, dimana kita terus meratapi dan melihat ke belakang. Bisa dibayangkan bila seorang sopir terus melihat ke belakang dan abai terhadap apa yang ada di depannya. pasti ia akan celaka.

Semoga hidup kita terus diberi keberlimpahan dan penuh keberkahan.

Kalau artikel ini bermanfaat, silahkan share agar semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya. 

sumber gambar : camargus.com
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner